Pemasaran
secara hemat kita dapat kita defenisikan sebagai suatu usaha mempromosikan
suatu produk. Menurut Kotler dan Amstrong (1997) “Pemasaran adalah suatu proses
sosial dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang
mereka butuhkan serta inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik
produk dengan nilai orang lain. Merupakan suatu fungsi bisnis yang bertugas
mengenali kebutuhan dan keinginan pelanggan, menentukan pasar sasaran mana yang
dapat dilayani dengan sebaik-baiknya oleh perusahaan, serta merancang produk,
jasa, dan program yang tepat untuk melayani pasar tersebut.”
Internet
merupakan suatu dunia virtual yang memiliki komunitas yang sangat khas yaitu
tentang bagaimana aplikasi teknologi computer yang berlangsung secara online
pada saat sipengguna internet menekan atau telah terkoneksi dengan jaringan
internet yang ada, media elektronik ini telah dapat dimanfaatkan oleh semua kalangan
manusia atau komunitas yang telah mencapai 1,5 miliar orang diseluruh dunia
dengan berbagai keperluan dan tujuan penggunaannya.
Salah
satu kegunaan internet bagi dunia bisnis saat ini ialah sebagai tempat
memperkenalkan, mempromosikan dan menyerahkan nilai suatu produk kepada
pelanggan atau konsumen, melalui internet. Konsep pemasaran ini kami sebut
Pemasaran Melalui Internet atau Pemasaran online . Pemasaran melalui internet
dapat didefenisikan sebagai suatu usaha organisasi atau perusahaan mempromosikan
produk barang atau jasa kepada pelanggan dengan menggunakan media
elektronik.
Pemasaran
diInternet sekarang sudah sangat populer, setiap manager/staf pemasaran
walaupun masih pemula, mereka selalu pergi online (menggunakan internet ) untuk
melihat sesuatu yang mereka pikir dapat memberikan informasi yang terkini
tentang situasi pasar dan juga mereka pikir sebagai cara terbaik untuk
mendapatkan beberapa hal yang mereka cari untuk mendapatkan informasi pasar
yang terbaru (real time), untuk mengintip strategi kompetitor dan untuk
menyusun strategi pemasaran mereka.
Koneksi
Internet tersedia di mana – mana, internet sekarang telah menjadi gaya hidup,
sehingga menjadi alternatif bagi banyak orang untuk melihat berita, belanja,
membangun komunitas, curhat dan bahkan tempat mencari solusi problem keseharian
hidup mereka:problem kesehatan,finance,asmara,rumah tangga dll. Internet telah
menjadi gaya hidup bagi satu setengah milyar orang lebih. Dengan demikian
sekarang pemasaran Online menjadi bagaikan kacang goreng, kacang goreng yang
bisa di didapat di outlet kecil di pasar (warnet) atau mungkin di jalan
berjalan (semua provider Hp melengkapi layanan mereka dengan koneksi data ke
Internet) . Tecnology internet sebagai alat pemasaran menjadikan segalanya lebih
mudah, jalan pemasaran cukup dengan klik maka akan mengantarkan orang pada apa
yang mereka cari dan menghadirkan penjual pada apa yang mereka jual pada orang
Yang Tepat.
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar