Selasa, 30 Mei 2017

Layanan Jejaring Sosial



            Layanan jejaring sosial adalah layanan dalam jaringan, platform, atau situs yang bertujuan memfasilitasi pembangunan jaringan sosial atau hubungan sosial di antara orang-orang yang memiliki ketertarikan, aktivitas, latar belakang, atau hubungan dunia nyata yang sama. Suatu layanan jejaring sosial terdiri dari perwakilan masing-masing pengguna (biasanya berupa profil), hubungan sosialnya, dan berbagai layanan tambahan. Kebanyakan layanan ini berbasis web dan penggunanya berinteraksi melalui Internet, seperti surat elektronik dan pesan instan. Layanan komunitas dalam jaringan kadang dianggap sebagai layanan jejaring sosial, meski dalam artian yang lebih luas layanan jejaring sosial bersifat terpusat pada individu, sementara layanan komunitas daring bersifat terpusat pada grup. Situs-situs jejaring sosial memungkinkan pengguna berbagi ide, aktivitas, acara, dan ketertarikan di dalam jaringan individunya masing-masing.
Kemunculan situs jejaring sosial ini diawali dari adanya inisiatif untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia. Situs jejaring sosial pertama, yaitu Sixdegrees.com mulai muncul pada tahun 1997. Situs ini memiliki aplikasi untuk membuat profil, menambah teman, dan mengirim pesan. Tahun 1999 dan 2000, muncul situs sosial lunarstorm, live journal, Cyword yang berfungsi memperluas informasi secara searah. Tahun 2001, muncul Ryze.com yang berperan untuk memperbesar jejaring bisnis. Tahun 2002, muncul friendster sebagai situs anak muda pertama yang semula disediakan untuk tempat pencarian jodoh. Dalam keanjutannya, friendster ini lebih diminati anak muda untuk saling berkenalan dengan pengguna lain. Tahun 2003, muncul situs sosial interaktif lain menyusul kemunculan friendster, Flick R, You Tube, Myspace. Hingga akhir tahun 2005, friendster dan Myspace merupakan situs jejaring sosial yang paling diminati.
Memasuki tahun 2006, penggunaan friendster dan Myspace mulai tergeser dengan adanya facebook. Facebook dengan tampilan yang lebih modern memungkinkan orang untuk berkenalan dan mengakses informasi seluas-luasnya. Tahun 2009, kemunculan Twitter ternyata menambah jumlah situs sosial bagi anak muda. Twitter menggunakan sistem mengikuti - tidak mengikuti (follow-unfollow), di mana kita dapat melihat status terbaru dari orang yang kita ikuti (follow). Tahun 2012,muncul kembali dan menambah kembali situs jejaring sosial untuk semua usia yang bernama Ketiker. Ketiker adalah situs web yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut post.



Kelebihan :
Keberadaan situs jejaring sosial ini memudahkan kita untuk berinteraksi dengan mudah dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakan telepon. Selain itu, dengan adanya situs jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat.

Kelemahan :
Kemunculan situs jejaring sosial ini menyebabkan interaksi interpersonal secara tatap muka (face-to-face) cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs jejaring sosial karena lebih praktis. Di lain pihak, kemunculan situs jejaring sosial ini membuat anak muda tidak dapat tidak mengakses internet. Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring sosial ini secara tidak langsung membawa dampak negatif, seperti kecanduan (addiksi) yang berlebihan dan terganggunya privasi seseorang.

Image result for JEJARING SOSIAL

contoh situs layanan jejaring sosial yang terkenal :
1. Facebook
Jumlah Pengguna Aktif : 1,35 Miliar
Negara asal : Amerika Serikat
Tahun Berdiri : 2004
Website : Facebook.com
Peringkat Alexa : 2
Facebook yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini berkantor pusat di Menlo Park Kalifornia dan telah menjadi Perusahaan Terbuka (Tbk) pada tahun 2012 dengan pendapatan US$7,87 Miliar di tahun 2013. Beberapa perusahaan Teknologi yang diakuisi oleh Facebook diantaranya seperti Instagram, Whatsapp, Oculus VR dan PrivateCore.

2. Qzone
Jumlah Pengguna Aktif : 629 Juta
Negara asal : China
Tahun Berdiri : 2005
Website : qzone.qq.com
Peringkat Alexa : 10
Qzone adalah situs Jejaring Sosial yang dibuat oleh perusahaan China yaitu Tencent Holding Limited pada tahun 2005. Meskipun merupakan Jejaring Sosial yang memiliki pengguna aktif terbanyak kedua di dunia, Namun Qzone hanya terkenal di China dengan sebagian besar penggunanya adalah Warga Negara China.

3. Google +
Jumlah Pengguna Aktif : 343 Juta
Negara asal : Amerika Serikat
Tahun diluncurkan : 2011
Website : plus.google.com
Google + atau Google Plus merupakan produk dari perusahaan Raksasa Internet Google Inc yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Google Plus merupakan salah satu situs Jejaring sosial yang memiliki perkembangan terpesat, hanya dalam jangka waktu 3 tahun telah berhasil menarik 343 juta pengguna aktif. Hal ini sebenarnya memiliki keterkaitan yang kuat dengan semakin popularnya sistem operasi untuk ponsel yaitu Android dan juga posisi kuat Google dalam Mesin Pencari (Search Engine).

4. LinkedIn
Jumlah Pengguna Aktif : 332 Juta
Negara asal : Amerika Serikat
Tahun Berdiri : 2003
Website : linkedin.com
Peringkat Alexa : 14
LinkedIn merupakan situs Jejaring Sosial yang berorientasi pada bisnis. Pada umumnya digunakan sebagai jejaring sosial untuk para profesional. LinkedIn yang berkantor pusat di Mountain View Kalifornia ini telah menjadi perusahaan terbuka pada tahun 2011 dengan pendapatan pada tahun 2013 sebesar US$1,52 Juta. LinkedIn tersedia dalam 20 bahasa dan salah satunya adalah bahasa Indonesia.

5. Instagram
Jumlah Pengguna Aktif : 300 Juta
Negara asal : Amerika Serikat
Tahun Berdiri : 2010
Website : instagram.com
Peringkat Alexa : 30
Instagram adalah situs Jejaring sosial yang memperbolehkan penggunanya untuk mengambil Foto atau Video dan mengolahnya dengan berbagai filter digital kemudian membagikannya kebeberapa jejaring sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, Tumblr, Flickr dan tentunya Instagram itu sendiri. Situs Jejaring Sosial yang hanya terdapat di sistem operasi iOS Apple dan Android Google ini telah diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2012 seharga US$ 1 Miliar.

6. Twitter
Jumlah Pengguna Aktif : 284 Juta
Negara asal : Amerika Serikat
Tahun Berdiri : 2006
Website : twitter.com
Peringkat Alexa : 8
Twitter merupakan situs Jejaring Sosial yang hanya mengizinkan para penggunannya megirimkan dan membaca teks sebanyak 140 karakter, pesan singkat Twitter ini sering disebut dengan Tweets atau kicauan. Twitter yang didirikan oleh Jack Dorsey, Evan Williams, Biz Stone dan Noah Glass pada tahun 2006 ini telah menjadi perusahaan terbuka pada tahun 2013 denganpendapatan US$664 Juta pada tahun 2013.

7. Tumblr
Jumlah Pengguna Aktif : 230 Juta
Negara asal : Amerika Serikat
Tahun Berdiri : 2007
Website : tumblr.com
Peringkat Alexa : 35
Tumblr merupakan situs Jejaring sosial dan Micro Blogging yang didirikan oleh David Karp. Tumblr telah diakuisisi oleh Yahoo pada tahun 2013 dengan nilai US$ 1,1 Miliar.

8. Sina Weibo
Jumlah Pengguna Aktif : 157 Juta
Negara asal : China
Tahun Berdiri : 2009
Website : weibo.com
Peringkat Alexa : 15
Sama seperti Qzone, Sina Weibo atau lebih dikenal dengan Weibo merupakan situs Jejaring sosial yang berasal dari China dan hanya populer di Negara China. Hal ini dikarenakan bahasa yang didukungnya hanya bahasa Mandarin dan bahasa Inggris saja. Weibo juga sering disebut-sebut sebagai Twitter-nya China
9. Vkontakte
Jumlah Pengguna Aktif : 100 Juta
Negara asal : Rusia
Tahun Berdiri : 2006
Website : vk.com
Peringkat Alexa : 22
Vkontakte atau disingkat dengan VK merupakan situs Jejaring Sosial yang berasal dari Rusia dengan mayoritas penggunanya adalah Negara-negara yang menggunakan bahasa Rusia seperti Rusia, Belarus, Kazakhstan, Uzbekistan dan Ukraina. Namun sebenarnya Vkontakte juga tersedia dalam 70 jenis bahasa termasuk bahasa Indonesia.

10. Snapchat
Jumlah Pengguna Aktif : 100 Juta
Negara asal : Amerika Serikat
Tahun Berdiri : 2011
Website : snapchat.com
Peringkat Alexa : 10.549
Snapchat merupakan situs Jejaring Sosial yang mengizinkan penggunanya untuk mengambil Foto, Video dan menuliskan teks kemudian mengirimnya ke orang lain. Snapchat memiliki fitur yang cukup unik, yaitu dapat menghapus foto ataupun video dalam kurun waktu yang ditentukan.





Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar