1. Google (http://www.google.com)
Google
merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian
Internet, Cloud Computing, serta teknologi iklan online & perangkat lunak.
Google
didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di
Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada
7 September 1998.
Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004,
mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui
berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan
ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya,
termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan
bertukar video.
Kelebihan :
o
Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
o
Lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
o
Tampilan yang sederhana.
o
Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan
adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil
pencarian yang akan ditampilkan.
o
Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
Kekurangan :
Dengan
kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer
untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap
celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil
pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
2. Yahoo (http://www.yahoo.com)
Yahoo
ialah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale,
California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya,
serta mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo!
News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan
periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya.
Yahoo! adalah salah satu situs web terbesar di Amerika Serikat.
Yahoo!
adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama
Yahoo! Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman
buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat itu dua orang alumni
Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota
karena cuti besar.
Kelebihan :
o
Adanya fitur e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang.
o
Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
o
Fiturnyanya yang komplit.
o
Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog web. Link ke menu
bantuan (help) juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan
keterangan yang cukup jelas.
Kekurangan :
o
Loadingnya membutuhkan waktu yang lama
o
Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM
dan msn
o
Teralu mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan
o
Fitur Y!M masih sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows
o
Skin untuk Y!M masih sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak
3. MSN (http://search.msn.com)
Microsoft Network atau MSN adalah layanan situs web portal yang dimiliki
oleh Microsoft. Diluncurkan pada tanggal 24 Agustus 1995, MSN dapat
dioperasikan dengan sistem operasi Windows 95, Windows 98, Windows 2000,
Windows XP dan Windows Vista. Bagian-bagian dari MSN adalah Hotmail, Windows
Messenger, My MSN dan Download IE8. MSN kini tersedia dalam semua bahasa di
dunia.
Mesin
pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci
maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah
menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai
mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image,
atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian
pekerjaan, rumah.
Kelebihan :
Mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam
format file spesial.
Kekurangan :
Pencarian dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil
ditampilkan di halaman MSN.
Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan
bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari
hasil asli melalui sebuah titik di depannya.
4. Bing (http://www.bing.com)
Bing
(sebelumnya Live Search, Windows Live Search, and MSN Search) merupakan situs
mesin pencari web (diiklankan sebagai “mesin pengambil keputusan/decision
engine”) yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing merupakan bentuk
reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya
terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.
Mesin
pencari ini diperkenalkan pada tanggal 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve
Ballmer pada konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat, dan
secara resmi diluncurkan pada 1 Juni, menggantikan mesin pencari sebelumnya,
yaitu Live Search.
Bing
diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni PowerSet yang telah dibeli
Microsoft pada tahun 2008. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh
hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan
kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Skydrive,
Facebook, dan email.
Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat
kategori, yaitu:
o
Web untuk pencarian halaman situs atau website.
o
Images untuk pencarian gambar.
o
News untuk pencarian berita.
o
xRank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna
Bing.
Pada
tanggal 29 Juli 2009, Microsoft dan Yahoo! mengumumkan sebuah penawaran, dimana
Bing akan menggerakkan Yahoo! Search. Semua pengguna dan mitra Yahoo! Search
diharapkan telah mengalami transisi tersebut pada awal 2012.
Pada
Oktober 2011, Bing mengumumkan sedang mengerjakan infrastruktur pencarian baru,
dengan tujuan memberikan hasil pencarian yang lebih cepat dan sedikit lebih
relevan bagi pengguna. Teknologi pengindeksan baru yang dikenal sebagai “Tiger”
ini telah dimasukkan ke Bing secara global, sejak Agustus 2011. Pada Mei 2012,
Bing mengumumkan rancangan ulang lain ada mesin pencarinya yang mencakup “Bilah
sisi” (Sidebar), fitur sosial yang mencari pada jejaring sosial pengguna untuk
mendapatkan informasi yang relevan dengan kata kunci pencarian.
5. Web Crawle
Web
crawl dapat digunakan untuk beragam tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah
yang terkait atau berhubungan langsung
dengan search engine. Search engine menggunakan web crawl untuk mengumpulkan
informasi mengenai apa yang ada di halaman-halaman web publik. Tujuan utamanya
adalah mengumpukan data sehingga ketika pengguna Internet mengetikkan kata
pencarian di komputernya, search engine dapat dengan segera menampilkan web
site yang relevan dan sesuai dengan yang dicari.
Ketika
web crawl search engine mengunjungi halaman web, ia “membaca” teks yang
terlihat, hyperlink, dan konten berbagai tag yang digunakan dalam situs seperti
meta tag yang banyak berisi keyword. Berdasar kaninformasi yang dikumpulkan web
crawl, search engine akan menentukan situs dan mengindex informasinya. Website
tersebut kemudian dimasukkan ke dalam database search engine dan dilakukan
proses penentuan ranking setiap halamannya.
Kelebihan :
- Suatu program atau script otomatis yang relatif simple.
- Dapat digunakan untuk beragam tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah yang terkait atau berhubungan langsung dengan search engine.
- Fungsi web crawler untuk search engine jauh lebih kompleks bahkan detail
- Algoritma search engine raksasa seperti google tidak mudah terungkap.
Kekurangan :
o
Beroperasi hanya sekali, misalnya untuk suatu projek yang hanya sekali
jalan.
o
Secara umum web crawler mengakses sebuah url website melalui internet,
proses crawling dapat dilakukan dengan teknik multi-thread agar optimal.
o
Konten seperti teks dan metadata akan disimpan pada media penyimpanan,
sedangkan link/ url yang ditemukan akan disimpan kedalam daftar antrian, dan
dijadwalkan untuk proses berikutnya.
6. Looksmart
(http://www.looksmart.com)
Looksmart adalah pelopor industri periklanan pencarian online. Didirikan
pada tahun 1997, Look Samrt salah satu search egine pertama menyediakan
kemampuan internet pencari. Selama bertahun-tahun, Look Smart telah menyediakan
solusi pengiklannan seperti, MSN, dan Ask adalah salah satu sponsor dari
looksmart. Looksmart berfokus pada menghubungkan pengiklan dan penayangan di
jaringan pencarian dengan kualitas tinggi tinggi.
Looksmart adalah salah satu Search Egine pencarian iklan terbesar,
pengolahannya lebih dari 2 milyar query per hari. Look Smart melayani iklan berbasis teks yang berkualitas
tinggi. Look Smart menyediakan iklan itu secara langsung dengan beragam ribuan
pencarian pengiklannan berbayar. Yang paling penting Look Smart menghubungkan
pengiklanan dengan protokol jaringan yang berkualitas tinggi. Look Smart
berdiri dengan industri terkemuka dengan komitmen terhadap kualitas Protokol
Jaringan.
Kelebihan :
Menyediakan produk iklan pencarian dan layanan
kepada pengiklan teks
Kekurangan :
Situs ini merupakan yang termasuk berbayar
7. Altavista (http://www.altavista.com)
Altavista merupakan search engine yang cukup terkenal dimata dunia.
Suatu saat, AltaVista pernah menjadi mesin pencari terbesar. Di altavista, kita
bisa mencari berbagai informasi berupa web, gambar, video, berbelanja online,
aplikasi, dan berita
AltaVista diciptakan oleh para peneliti di Digital Equipment Corporation
‘s Western Research Laboratory yang mencoba untuk memberikan layanan untuk
membuat file penemuan tentang jaringan publik lebih mudah. Walaupun ada
beberapa perselisihan tentang siapa yang bertanggung jawab atas ide asli,dua
peserta kunci Louis Monier , yang menulis crawler , dan Michael Burrows , yang
menulis pengindeks . Nama AltaVista dipilih dalam kaitannya dengan lingkungan
perusahaan mereka di Palo Alto. AltaVista adalah publik diluncurkan sebagai
mesin pencari internet pada tanggal 15 Desember 1995 di altavista.digital.com.
Keunggulan :
- AltaVista adalah pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin pencari.
- Keunggulan dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
- Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.
Kekurangan :
Dalam hal pencarian data yang kurang bagus.
Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada
kaitannya dengan tema yang dicari.
8. Alltheweb (http://alltheweb.com)
AlltheWeb adalah mesin pencari internet yang
memulai debutnya pada pertengahan-1999 dan ditutup pada tahun 2011. Ini tumbuh
dari FTP Cari, doktor tesis Tor Egge di Universitas Norwegia Sains dan
Teknologi, yang ia mulai pada tahun 1994, yang pada gilirannya mengakibatkan
pembentukan Pencarian Cepat & Transfer (FAST), didirikan pada tanggal 16
Juli 1997. Itu digunakan terutama
sebagai situs pameran untuk perusahaan mesin pencari CEPAT. Menurut FAST,
AllTheWeb sekali disaingi Google dalam ukuran dan teknologi AlltheWeb pernah
menjadi sepopuler Google, meskipun, dan yang userbase menurun setelah itu
dibeli oleh Overture pada tahun 2003.
Keunggulan Alltheweb adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak
seperti web, FTP adalah teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan
mendistribusikan file, biasanya program, audio atau video. Web sebenarnya lebih
ditujukan untuk teks. Sejauh ini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa
pencarian file.
Fitur-fitur alltheweb :
AlltheWeb merupakan fitur pencarian yang paling
kuat yang memungkinkan seseorang untuk menemukan sesuatu yang lebih cepat
dibandingkan dengan mesin pencari lainnya.
Indeks
AlltheWeb’s (disediakan oleh Yahoo!) Meliputi milyaran halaman web, serta
puluhan juta PDF dan MS Word ® file. Yahoo! scan seluruh Web untuk memastikan
bahwa konten kita fresh dan untuk menghilangkan link yang rusak.
AlltheWeb
menawarkan berbagai alat pencarian khusus dan fitur pencarian lanjutan, dan
mendukung pencarian dalam 36 bahasa yang berbeda.
AlltheWeb
menawarkan hingga berita dari ribuan sumber berita di seluruh dunia, dengan
ratusan cerita diindeks setiap menit.termasuk pencarian ratusan juta file
multimedia
Yang
paling penting, AllTheWeb menyediakan kontrol yang diperlukan untuk mencari
persis apa yang pengguna cari, termasuk beberapa pencarian lanjutan yang paling
canggih fitur yang tersedia.
Kelebihan :
o
Kemudahan dalam mencari.
o
Tampilan yang sederhana seperti Google.
o
Alltheweb langsung menyediakan fungsi untuk pencarian berita, musik,
gambar, dan video.
o
Menu bantuan terlihat jelas, dan di dalamnya tersedia sejumlah opsi bantuan
yang banyak, sehingga sekali lagi kemudahan tampak bagi si pengguna.
Kekurangan :
- Pencarian yang lama dibandingkan dengan mesin pencari lainnya.
- Halaman pencarian hanya dibatasi dengan sebuah garis sehingga membingungkan si pengguna.
- Pada link-link yang tidak berguna terkadang masih terlihat dalam beberapa hari, sehingga terlihat kurang aktual. Hal ini menunjukan tidak cepatnya Alltheweb melakukan update.
9.Excite (http://www.excite.com)
Excite
merupakan search engine yang serupa dengan yahoo. Keistimewaan Excite adalah
pilihan menu yang ditawarkan cukup lengkap dengan sistem indeks yang cukup
baik. Excite merupakan search engine yang cukup baik untuk mengetahui
berita-berita terbaru dari beberapa sumber seperti Reuters dengan menu barunya
yang disebut “Today on Excite” walaupun tidak tergolong excellent. Search engine
ini baik bagi pemula karena fasilitas pencariannya yang mudah dan sederhana.
Selain itu, excite juga dilengkapi dengan fasilitas “chatting”, “business
news”, “sport news” dan lain-lain.
Kelebihan :
Excite memiliki tampilan yang cukup bagus. Bahkan
saat kita memasuki situs Excite, disana terdapat beberapa fasilitas yang
memudahkan kita dalam mencari segala sesuatunya, diantaranya ada email, movie,
video, news, horoscope, ramalan cuaca, sampai pada lowongan kerja.
Fasilitas-fasilitas inilah yang dapat sedikit memudahkan kita untuk mengetahui
segala sesuatunya.
Kekurangan :
Kurang terkenal karena kurang banyak yang tahu.
10. Gigablast (http://www.gigablast.com)
Gigablast adalah mesin pencari di Internet, didirikan pada 2000 oleh
Matt Wells. Gigablast merupakan proyek terakhir dari Matt Wells, setelah
membuat situs web Infoseek selama tiga tahun, Gigablast didirikan dengan tujuan
untuk melakukan pencarian halaman web dengan kemampuan maksimal mesin pencari
lain pada zamannya, namun menggunakan alat seminimum mungkin. Pada bulan
Januari 2005, mesin indeks dari Gigablast hampir memiliki satu miliar halaman
web yang telah terindeks, dengan hanya menggunakan biaya 8000 Dolar Amerika
Serikat (kontra 8000000000 puluhan halaman dan bernilai jutaan peralatan untuk
Google).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar